Hati-hati Penipuan Di Aplikasi Camfrog


Banyak sekali pengguna camfrog yang sering sekali mengalami hal seperti pada judul yang saya buat ini, mengapa? karena kurang nya pengetahuan tentang dunia online yang mungkin bukan hanya di camfrog saja, melainkan di aplikasi-aplikasi jejaring sosial lainnya. Dengan memanfaatkan fitur aplikasi ini oknum-oknum dari mereka justru senantiasa menjadikan ini sebagai wadah untuk mencari penghasilan dengan cara yang tidak halal, bagaimana bisa demikian? tidak heran dari banyak pengguna yang memang memiliki perekonomian yang cukup justru belum mengerti tentang bagaimana cara menghindari dan bagaimana cara mengantisipasi hal demikian, justru yang sangat disayangkan adalah mereka yang hanya ingin mencari teman dan rekan ataupun pacar di aplikasi camfrog malah menjadi salah satu korban tindakan penipuan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkan banyaknya untuk bisa mengkelabui korban nya.


Berikut ini cara mengantisipasi penipuan di Camfrog

1. Gunakan Rekber Di Camfrog

Rekening bersama memegang peranan penting dalam transaksi online saat ini. Rekening bersama atau lebih sering dikenal dengan ‘rekber’ menawarkan kemudahan transaksi yang melibatkan beberapa pihak dalam proses transaksi jual beli di internet.

Bagi Anda yang sudah sering berbelanja online, apakah sudah mengenal istilah ‘rekber’? jika belum mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari rekening bersama tersebut. Rekening bersama di luar negeri disebut dengan Escrow Service.

Rekening bersama (Rekber) adalah suatu perantara yang menjembatani pembayaran transaksi jual beli antara penjual dan pembeli yang bersifat netral, tidak memihak penjual maupun pembeli. 

Jadi ketika penjual dan pembeli bertransaksi, rekening bersama akan menyimpan pembayaran pembeli sementara waktu hingga barang yang dipesan sampai, baru kemudian penjual bisa mendapatkan uangnya.

Dalam bertransaksi dengan menggunakan rekening bersama terdapat beberapa prosedur. Prosedur tersebut terdiri dari:

1. Pertama dimulai dengan pembeli dan penjual sepakat untuk melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan layanan rekening bersama.

2. Kemudian, pembeli melakukan pembayaran atau transfer ke rekening pengelola ‘rekber’.

3. Selanjutnya pengelola ‘rekber’ akan memberitahukan kepada penjual sudah dilakukan pembayaran agar segera memproses atau mengirim produknya kepada pembeli.

4. Setelah itu penjual memproses pengiriman produk kepada pembeli. Setelah barang sampai, pembeli akan mengkonfirmasi kepada pengelola ‘rekber’ bahwa barang sudah diterima.

5. Jika barang sudah sampai maka tahap terkahirnya pengelola ‘rekber’ mentransfer dana dari pembayaran pembeli kepada penjual.

Jika Anda membaca penjelasannya mungkin terlihat rumit namun dalam prakteknya sangat sederhana dan mudah. Pada dasarnya dana dari pembeli dititipkan ke pihak ‘rekber’, kemudian setelah barang yang dibeli telah diterima, baru dana yang berada di pihak ‘rekber’ diteruskan ke penjual.

Keuntungan dan Kerugiannya

Keuntungannya bila Anda bertaransaksi online dengan menggunakan rekening bersama adalah memperkecil risiko pembohongan, transaksi akan lebih aman dan terjamin, menghilangkan kesan ketidakpercayaan pembeli kepada penjual, dan meningkatkan kredibilitas penjual.

Namun tidak hanya keuntungan saja, penggunaan rekening bersama juga memiliki beberapa kerugian. Pada situasi tertentu masih ada juga modus pembohongan dengan menggunakan rekening bersama untuk itu Anda harus hati-hati dalam memilih penyedia layanan ‘rekber’.

Kerugian lainnya adalah barang akan dikirim lebih lama daripada bila pembeli mengirimkan dana langsung ke penjual. Sementara penjual biasanya mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya rekening bersama.

2. Hindari orang yang mengatas namakan orang lain di Camfrog

Untuk anda yang sering berlangganan di produk orang lain, gunakan informasi secara mendetail tentang hal tersebut, selalu konfirmasikan kepada orang yang sering anda kenal dan anda hubungi terlebih dahulu, orang yang sering mengatas namakan diri nya adalah reseller tersebut dan mencoba mengelabui anda dengan menawarkan produk lain, atau ajakan yang sifatnya adalah mengeluarkan dana untuk hal semacam ini.

3. Iba Di Camfrog

Jangan merasa kasihan jika anda belum tahu dan mengenal orang tersebut, pastikan anda benar-benar kasihan dengan orang yang anda maksud, banyak cara mengelabui orang dengan mereka yang hanya bermodal mengemis atau berpura-pura untuk bisa mendapatkan rasa iba anda kepada mereka, pada dasar nya jika anda benar-benar loyal dalam hal ini, maka tidak masalah jika anda harus memberikan atau membagikan apa yang anda miliki kepada mereka yang meminta-minta selama anda ikhlas dan benar-benar tidak sedikinya merugikan anda. Sebenarnya ini tidak termasuk kategori bentuk penipuan, justru lebih ke bagaimana cara mengimprovisasinya.

4. Memberikan hutang Di Camfrog

Sering sekali terjadi di dalam camfrog hutang piutang yang banyak sekali dijumpai di beberapa forum camfrog, entah itu hutang pro, vg ataupun coin dan kemudian, biasa nya pemberi hutang sudah sangat kenal lama dengan sesama pengguna camfrog, dan mungkin sehari-harian nya sering bertemu di camfrog, hingga akrab dan setelah pemberi hutang meminjamkan uang atau bentuk barang seperti Pro kepada orang tersebut, dan kemudian orang tersebut menghilang setelah mendapatkan apa yang ia inginkan, ada juga yang sampai ditagih berkali kali juga tak kunjung di lunaskan hingga akhir nya lupa.

Jadi itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara anda mengantisipasi penipuan di camfrog. Mungkin ada pengalaman lain yang mungkin bisa anda ceritakan di kolom komentar atau hal lain yang anda ketahui tentang hal ini yuk sama-sama kita memberikan informasi yang positif untuk anda sesama pengguna camfrog.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar